FERDI VENGEANCE

Sabtu, 06 Desember 2014

Cikuya

Cikuya

Cikuya adalah nama tempat yang berada di kecamatan sukaresmi kabupaten pandeglang, pada tahun 2003an cikuya merubah kecamatannya menjadi sukaresmi. Mayoritas penduduk cikuya pekerjaannya sebagai petani. Penduduk cikuya berkebahasaan jawa (serang), karena pada saat penjajahan belanda,warga serang banyak yang pindah kearah selatan.
Di dataran cikuya masih terdapat butiran-butiran pasir, ini menandakan bahwa awalnya cikuya pernah di singgahi oleh air  laut, menurut pemikiran saya sendiri pasir ini ada ketika gunung Krakatau meletus, yang mengakibatkan air laut naik ke atas daratan cikuya. Dari segi sejarah cikuya memiliki beberapa tempat pemakaman yang banyak di kunjungi oleh orang dari berbagai tempat (banten, Jakarta, bogor, bekasi) di antaranya pemakaman ki jenggot putih dan ratu sri purbasari.
Dari segi budaya penduduk cikuya mayoritas sudah mengikuti arus globalisasi dimana banyak anak-anak remaja mengikuti budaya, prilaku, dan trend-trend para selebritis, tapi sekarang terdapat bentuk-bentuk perubahan budaya yang terjadi di cikuya dimana pemuda cikuya kembali ke budaya santri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar